Artha Travel… penipuan atau bukan yah??

Standard

kebetulan sepupu teman mau pulang ke medan, hari jumat tanggal 3 feb 2012..

karena hari senin harus segera sampai ke medan, maka diapun mencari” harga tiket yang murah.

nah ibunya teman saya (berarti tante dari sepupu teman saya) mendapat sms yang mengaku dari artha travel mengenai tiket lion ke medan seharga 300rb..

langsung lah dia nih browsing ke alamat website tu travel yaitu http://www.artha-travel.com..

ternyata memang di situ ada.. di pesan lah by phone, reserve lah dia,, nah pembayaran melalui transfer bank mandiri. krn bank mandiri terlalu jauh maka lewat atm lah dia ini. make atmnya teman saya.

setelah di transfer, telfonlah dia ke artha travel itu meminta confirmation. setahu saya, confirmation itu melalui email or datang langsung.. ini dari artha travelnya sendiri malah minta ke atm lagi buat cek saldo dan mengingat nominal saldo kita. ngetikkin code confirmation di bagian Rp (ada di menu transfer) dan di suruh isi nomer rekening artha travel lagi dan tulis nominal sesuai dgn sisa saldo di atm kita. (ini omongan pertama)

karena temen saya ragu dan mulai curiga kalau ini ga bener, di cancel sama teman saya. and then dia telfon lagi untuk mengikuti langkah” yang lebih jelas. nah di suruh di bagian transfer, isi rekening, si agen artha travel nyuruh isi nominal yang di Rp itu sesuai dengan angka yang di sebutin si agen yaitu 9997888 (menurut lo gimana???) dari situ si teman cancel langsung lalu bilang sama sepupunya kalau ini adalah penipuan.

habis itu si sepupu bilang balik ajja dulu untuk bicarakan ini ke ortu, pas di jalan, pihak agen artha travel telfon, maka di angkatlah sama temen saya (si sepupu lagi nyetir) ternyata si agen artha travel  nomernya di RAHASIAKAN tapi kalau kita telfon ke nomer si agen artha travel itu nyambung….. dan si agen artha travel juga yang angkat… kenapa harus di RAHASIAKAN??? memang seperti itukah cara kerja travel?? kebetulan temen saya ini adalah lulusan pariwisata dan pernah magang di travel bagian ticketing dan tidak ada seperti itu selama dia pkl..

temanpun bertanya ke agen artha travel untuk cara confirmation dan si agen artha travel  ngotot ke teman saya kalau yang Rp di menu transfer itu bukan tujuan mentransfer tapi untuk confirmation aja. di situ teman saya mikir “yang namanya kita udah ketik rekening dan jumlah rupiah di isi dan di kirim maka saldo akan berkurang alias sama aja transfer uang”

menurut kalian “apakah itu masuk akal? dan termasuk cara confirmation atau transfer uang??” dan bagi agen” travel, “apakah ada yang seperti itu?” atau saya yang cupu??

kemudian si sepupu mendatangi alamat yang tertera di website dan ternyata KANTORNYA TIDAK ADA.

melaporlah si sepupu ke polda metro jaya, dan meminta tolong kepada salah satu polwan yang ada untuk menelfon si agen artha travel mengaku sebagai saudara dari si sepupu itu dan meminta agar secepatnya untuk mengembalikan uangnya supaya bisa beli tiket untuk pulang hari ini juga.si polwan itu juga mengancam akan melapor polisi  dan mau jawabannya apa?? si agen artha travel jawab “silahkan aja lapor ke polisi. dan belikan saya pulsa bila ingin itu uang kembali”  hahahahahahaha

di polda pun di bilang ini prosesnya butuh waktu cukup lama *biasalah polisi indonesia -__-“*

Apakah seperti ini cara pelayanan seorang agen travel?? saya, sebagai calon secretary mengetahui bahwa sebagai seorang reception tidak boleh untuk sepeti itu. tapi inilah yang di lakukan si agen artha travel itu. Dan uangnya pun ga kembali.. padahal katanya tiket udah di reserve dan pemberangkatan jam 7 malam ini. tapi ternyata ??? menurut anda apakah ini travel resmi atau PENIPUAN? 

buat kalian, yang mau pesen di sana, di coba deh untuk di pikir ulang dan coba kalian mikir ini PENIPUAN ATAU TIDAK??

kalian juga bisa cek agen travel RESMI lewat http://www.asitajakarta.org di situ terdaftar agen resmi yang terdaftar.

dan jangan pernah PERCAYA sama PROMO” yang di tawarkan lewat SMS.

semoga aja yah ini artikel berguna buat kalian, jjadi ga langsung percaya sama begituan 🙂

*kalau saya di bilang membawa nama travel menjadi jelek, saya punya 2 saksi hidupnya kok*

32 responses »

  1. Baru aja mengalami hal yang sama persis..
    Tapi makenya raja-tiket agenscy
    Masa iya pake nanya kamu di atm sendiri apa sama temen…

  2. mbak..artha travel yang dimaksud tuh agen artahtravel yang beralamat Alamat

    PT. ARTAHTRAVEL

    Wisma Dharmala Sakti

    Jl. Jendral Sudirman

    Kav.32 Jakarta 10220

    Jakaarta Indonesia.

  3. wah….parah nih…
    tidak tau mana yang salah ,,,apa artha travel atau orang yang mengatas namakan travel tersebut,,bingung…sebenarnya mana yang benar disini…???

    tanggal 18 april tahun 2012 saya dapat sms yang mengatas namakan dirinya dari artha travel.
    smsnya masuk jam 07.30 pagi waktu manado.si sms tersebut memberitahu bahwa tiket manado – ujungpandang maskapai lion jam 14.45 harga 389 rbu. karena harganya murah dan kebetulansaya memang lagi mencari-cari tiket ke ujung pandang,,tergiurlah saya untuk ambil ticket ini.
    jam 08.08AM saya balik sms tanya penawaran ini untuk tanggal berapa?apakah berlaku untuk tanggal 25 April 2012?kalau ia saya booking 1 (satu ) ticket,pembayarannya dimana dan pengambilan ticketnya dimana??
    tidak lama kemudian saya dapat jawaban dari ibu yang sms seperti ini :”iya boleh sampai bulan juli.untuk pembayaran sistem online.untuk pengambilan bisa langsung ke locet maskapainya dengan kode booking nanti,kalau mau ngebooking harap kirim nama2 dan tujuan pemberangkatan darimana tujuan kemana tanggal berapa dan sekali jalan atau PP.”??
    karena saya percaya saya langsung booking 1 orang,nama lengkap dan alamat, tujuan saya langsung kirim balik smsnya.
    kemudian dari pihak tracvel tanya lagi “manado-ujungpandang tanggal 25 april 2012 sekali jalan, udah betul kan>>?saya pun langsung respon ia betul,pembayaran dimana?rekening apa?ditujukan kesiapa?alamat pengambilan ticket dimana?
    Pertanyaan saya pun langsung direspon katanya: “untuk pembayaran nanti tercantum di kode bookingnya dan pengambilan ticketnya langsung print kode booking ke locket lion air, bisa dibandara atau kekantor lion.”
    Beberapa menit kem udian saya terima sms dari mba enjel seperti ini :KODE BOOKING (GFCTRZ).TANGGAL PEMESANAN 18 APRIL 2012 .BATAS TIME LIMIT PEMBAYARAN 18 APRIL 2012 11.20 WIB.REK BRI A/N RIZAL EFENDY NO REK : 6331.0101.3905.537 TOTAL 389.000 LAYANAN LION AIR : 021-63798000.”pembayaran jangan lewat dari time limit”setelah pembayaran harap konfirmasi balik.
    Jam 12.10 saya sms ke mba enjel isinya seperti ini : “sudah saya setor barusan”
    Balasannya : Ya, sebentar saya cek dulu.

    Jam 12.33 saya Tanya lagi,Gimana bu/pak?saya setor tadi a.n. Rizal Efendi Rp. 400.000- jam 11:13:34, apa ticket sudah bias diambil dikantor LION?
    Kemudian dia jawab sms saya seperti ini :Y,saya sementara, menuju ke LION untuk isut ticketnya,kalau udah ok nanti saya kabari yang penting kode bookingnya yang saya kirim tadi jangan dihapus.soalnya pengambilan ticket nanti Cuma dengan kode booking.

    Saya pun menjawab: Okay, trima kasih.
    Kemudian saya diberitahu bahwa saya harus ke ATM untuk melakukan pengambilan kode akses melalui ATM, saya pun nurut.,
    Sampainya diATM saya ikut instruksi dari mba enjel….
    Sementara saya di ATM, ternyata kode akses saya tidak bisa diproses dikarenakan saldo saya tidak mencukupi 1.000.000,-menurut beliau itu sudah aturan kalau mau dapatkan kode akses harus ada saldo minimal Rp. 1.000.000,-

    Saya pun Tanya, apa tidak ada cara lain selain ATM?
    Jawabnya pun : nggak mbk.soalnya ini kan system online.

    Keesokan harinya saldo direkening saya udah Rp.1.247.000,- otomatis saya sudah bisa melakukan pengambilan kode akses,saya telpon mba enjelnya.dy pun pandu saya step demi step untuk pengambilan kode akses…sementara proses transaksi saya EROR…
    Katanya tunggu sebentar mba, saya liat dulu kenapa laporannya EROR…
    Akhirnya saya dapat jawaban :..
    “SISTEM ARTHA TRAVEL BERMASALAH jadi sebelumnya untuk proses kode akses hanya perlu saldo Rp.1.000.0000 sekarang berubah menjadi hamper Rp.3.900.000,-“

    Saya Tanya donk gimana sih mba,,katanya kode akses tidak bakal berubah tapi tadi waktu mau proses kodenya berubah…trus uang saya Rp.1.100.000,- pun udah kepotong..

    Katanya waktu pembicaraan awal, uangnya tidak akan kepotong..tapi malah kepotong…

    Setelah pembicaraan via telpon hamper 2 jam saya dikasih tau kalau saya tidak melanjutkan proses pengambilan kode akses maka ticket saya hangus…
    Saya pun menjawab : tidak apa2 hangus tapi uang saya yang 1 juta harus kembali…katanya oh iya..nanti diproses…

    Keesokan harinya mba enjel ini menjawab kalau ia sudah ke ATM tapi tidak bisa proses karna alasannya transaksi tidak selesai.

    Orangnya pun maksa,kalu mau uang saya kembali saya harus melakukan transaksi dengan limit hampir 3.9 juta.

    Sayapun menolak,.
    Kalau yang Rp.400.000,- tidak apa-apa tidak kembali. Tapi yang1.1 juta saya maunya kembali..tapi sepertinya sudah tidak akan kembali…

    Untuk sahabat yang lain…
    Jangan sampai deh kena tipu…

    Nomor HP yang sms saya itu 085339822231 katanya namanya ENJEL

  4. Pingback: JANGAN PERCAYA sama ARTHA TRAVEL yang NGAKUNYA dari jakarta !!! | agcgoblog.info

  5. iya ni saya juga habis kena tipu dari arta tiket ag kena tipu 1,2 juta >>>>>>jangan percaya ni agen online y teman-tewman!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. setuju……apabila ingin tiket promo mending lsg ke agen resmi atau kawan kita yg knal aja…tks info’a smoga berguna buat kawan yg lain jangan sampe kena tipu dah….

  7. Wah, ngeri bangetss nih artha travel udah beraksi dr th 2010an.. ckkcckck.. ane hampir aja pesen ke travel itu buat balik dari jambii.. untung baca2 di internet duluu.. makasih y..

  8. Wah, hati-hati ya teman-teman, ternyata si artha travel ini masih beroperasi, cumanya aja kali ini caranya lain lagi. Si artha travel ini masang iklan lowongan pekerjaan online, (posisinya sebagai staff ticketing). nah, disitu ngelamarnya musti kirim lamaran lewat email, gak ada tercantum alamat pos buat ngirim lamarannya. otomatis kan pasti kita ngirim identitas diri segala macam tuh. nah itu yang bahaya, kalo kita punya akun keuangan penting yang terkait email. jadi yang butuh kerjaan, jangan asal ngelamar, sekali kita ngirim data diri kita, ga bisa lagi kita tarik kembali, gue hampir aja kena, curiganya, habis gue ngirim permohonan lamaran, yang ada bukan email balasan, tapi malah email dari facebook, yahoo, n akun gue segala macam minta reset password gue, untung aja firewall akun gue tu berlapis-lapis, jadi ga gampang ditembus. nah buat teman-teman sekalian yang lagi butuh kerjaan, hati” ya, ntar bukannya dapat kerjaan malah dapat apes, kalo mau lamar kerjaan online jangan buru” kirim lampirannya juga, kirim pengantarnya aja dulu. atau lebih baiknya diselidiki dulu. cukup gue aja yang terlanjur ngirim tu identitas diri, T.T mudahan ga dipake buat nipu orang tu identitas, doain ya . . . .

Leave a Reply

